Inilah Kekurangan Bisnis Online Yang Tak Banyak Diketahui

  • Whatsapp

Inilah Kekurangan Bisnis Online Yang Tak Banyak Diketahui ditengah maraknya dihampir seluruh dunia. Karena bisnis ini begitu banyak memberikan kemudahan bagi para penjual atau pun pembeli. Ditambah lagi kondisi ekonomi serta pandemi yang membuat bisnis cara baru ini sangat sesuai dalam membantu mengurangi penyebaran virus tersebut.

Berbisnis atau memiliki usaha tentulah menjadi keinginan serta impian banyak orang karena dapat menentukan penghasilan serta waktu kerja sendiri. Berbeda jika Anda menjadi seorang karyawan yang memiliki waktu serta gaji tetap. Namun. Bayang-bayang pengurangan karyawan atau phk menjadi hal yang menghantui terutama dikondisi sekarang ini.

Bacaan Lainnya

Itulah sebabnya lebih banyak orang yang memilih untuk memiliki usaha atau pun berbisnis baik skala kecil maupun besar. Namun, untuk memulai sebuah usaha atau bisnis tentunya diperlukan adanya modal yang tak sedikit. Hal ini pula yang kemudian menjadi sebuah kendala bagi beberapa orang yang tak memiliki atau hanya bermodal kecil.

Kekurangan bisnis online

Saat ini tengah ramai orang memilih serta melakukan berbagai hal secara online termasuk dengan berbelanja. Sehingga peluang inilah yang memunculkan banyaknya usaha atau bisnis online. Namun dibalik semua kelebihan yang dimilikinya, terdapat juga kekurangan bisnis online yang masih tak diketahui oleh para pelakunya.

Dalam sebuah bisnis atau usaha, kekurangan pastilah ada didalamnya meskipun hal itu hanya sedikit. Begitu pula dengan bisnis online yang lebih banyak dipilih karena kelebihan yang dimilikinya. Padahal didalam bisnis yang tengah ramai dilakukan ini ada hal-hal yang patut Anda ketahui juga.

Kekurangan ini tak terlalu diperhatikan bahkan mungkin tak banyak diketahui, dapat pula karena Anda tak menyadarinya. Berikut ini beberapa kekurangan yang akan mengingatkan Anda agar lebih mewaspadainya. Jangan sampai Anda mengalami masalah akibat dari tak mengetahui kekurangan bisnis online yang baru serta modern ini.

  • Rawan tindak penipuan

Bisnis online ini memang telah lama ada di Indonesia dan menjadi hal yang banyak dilakukan saat ini. Karena selain mudah dalam bertransaksi juga harga produk yang ditawarkan seringkali lebih murah dari pasaran atau toko. Hal ini pula yang kemudian memicu terjadinya penipuan oleh para pelaku atau oknum tak bertanggung jawab.

Tak sedikit berita di televisi atau pun media masa serta sosial yang menginformnasikan terjadinya penipuan sebuah bisnis online. Kekurangan bisnis online ini terjadi karena proses sebuah transaksi online seperti berbelanja, mengharuskan pembeli untuk mengirim uang terlebih dahulu. Setelah uang diterima maka barang yang dipesan akan langsung dikirim ke alamat pemesan.

Proses inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh orang-orang tak bertanggung jawab dengan menawarkan harga yang sangat murah. Umumnya pembeli akan tergoda dan langsung mengirimkan uang tanpa berpikir panjang. Saat uang telah masuk, tiba-tiba saja nomor telepon penjual atau toko online tersebut tak bisa dihubungi.

  • Masalah pada biaya pengiriman.

Seringkali yang menjadi ganjalan atau masalah pada berbelanja secara online adalah munculnya biaya pengiriman. Meskipun barang yang hendak dibeli harganya sangat murah tapi jika ternyata jarak toko yang menjualnya jauh, biaya pengiriman akan cukup besar.

Kekurangan bisnis online ini juga dapat terlihat saat ada penawaran atau promosi gratis ongkos kirim. Namun meskipun gratis terdapat syarat atau ketentuan dari jumlah pembelanjaan. Tentunya jumlahnya tak sedikit, sehingga memaksa Anda harus menambah belanja, membatalkan atau membayar biaya pengiriman.

Sangat berbeda dengan berbelanja secara konvensional dimana berapa banyak pun Anda membeli tak ada biaya kirim. Hal ini pula yang seringkali tak disadari oleh para pembeli. Mereka hanya berfokus harga barang yang murah tanpa berpikir pada biaya kirim.

  • Membutuhkan adanya koneksi internet.

Bagi dibanyak kota besar koneksi internet jarangĀ  mengalami masalah apalagi sampai tak ada sinyal. Namun berbeda dengan kota kecil, desa atau pun dataran tinggi, dimana sinyal seringkali menghilang. Sedangkan untuk dapat berbisnis secara online, koneksi internet sangatlah penting dan diperlukan.

Bisa jadi pelanggan Anda tak jadi berbelanja atau justru pindah ke toko online lainnya saat situs yang ada mengelami masalah. Kelemahan atau kekurangan bisnis online inilah yang akhirnya dapat menjadi masalah bagi toko atau bisnis yang Anda miliki.

  • Mudah dalam membandingkan harga.

Dengan adanya koneksi internet serta banyaknya toko atau situs belanja online lainnya, menjadikan persaingan sangat ketat. Para konsumen atau calon pembeli menjadi sangat mudah untuk membandingkan harga produk pada toko online Anda dengan yang lainnya.

Hal ini mau tak mau memicu Anda untuk menurunkan harga pula agar dapat menarik pelanggan sebanyak-banyaknya. Hal ini tentu saja akan mengurangi laba yang seharusnya didapat. Lama kelamaan hal ini tak akan membawa pengaruh baik bagi bisnis atau toko online yang Anda miliki.

Anda harus dapat menemukan cara atau ide kreatif lainnya agar dapat menarik pelanggan. Karena tak mungkin untuk terus menerus menurunkan harga produk atau barang yang Anda miliki.

  • Persaingan yang semakin ketat.

Kekurangan bisnis online lainnya adalah persaingan yang semakin hari semakin ketat. Dengan maraknya berbisnis atau toko online, mau tak mau Anda memiliki lebih banyak pesaing. Anda perlu menemukan suplier besar atau mengakali produk hasil sendiri agar dapat bertahan selama mungkin.

Berbagai cara dilakukan agar dapat tetap mendapat omset penjualan yang cukup tinggi. Mulai dari gratis ongkos kirim hingga promo pembelia jumlah tertentu mendapat bonus atau pun sistem poin. Sangat berbeda dengan belanja atau toko konvensional.

  • Membutuhkan kerja yang cukup keras.

Berbisnis atau memiliki toko online tentunya sangat berbeda dengan cara konvensional, dimana tak terdapat batasan waktu operasional. Bisnis online membutuhkan serta menuntut Anda untuk bekerja lebih keras agar dapat mencapai target penjualan yang diinginkan.

Apalagi persaingan yang sangat ketat saat ini membuat Anda harus lebih memfokuskan diri pada bisnis ini. Bukan hanya sekedar kemauan saja, akan tetapi dibutuhkan pula pengetahuan serta kemampuan dalam mengelolanya.

Kekurangan bisnis online inilah yang seringkali tak diketahui sehingga tak menutup kemungkinan akhirnya terpaksa berhenti. Membuat katalog, daftar produk menjadi hal yang wajib Anda lakukan. Apalagi jika terdapat perubahan harga atau pun PPN, Anda harus mengganti pada data setiap produk yang dimiliki.

  • Tak ada layanan bagi pelanggan.

Berbeda dengan toko konvensional dimana jika pelanggan mengeluh dapat langsung teratasi. Sedangkan untuk bisnis atau toko online, masih jarang yang memiliki layanan mengobrol secara langsung. Kalau pun ada hanya bersifat mengirim surat atau keluhan dan menunggu balasannya dalam beberap hari.

Itulah beberapa kekurangan dari sebuah bisnis cara modern yang tengah ramai dibicarakan serta dilakukan. Kebanyakan atau umumnya hanya melihat kelebihan serta kemudahan saat Anda melakukan transaksi secara online.

Kekurangan bisnis online yang ada diatas menjadi sebuah hal yang perlu Anda ketahui serta perhatikan agar dapat memperbaikinya. Anda dapat mengurangi kekurangan yang terdapat pada toko online yang dimiliki. Sedikit demi sedikit dilakukan perbaikan agar pelanggan semakin puas dan terus berbelanja.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *